Cara Membuat Surat Pernyataan Tidak Menerima Gaji

Pengertian Surat Pernyataan Tidak Menerima Gaji



Surat pernyataan tidak menerima gaji adalah surat yang dibuat oleh seseorang yang bekerja pada suatu perusahaan, tetapi tidak menerima gaji. Surat ini berisi pernyataan yang menjelaskan bahwa seseorang tersebut tidak menerima gaji karena beberapa alasan tertentu.


Alasan Tidak Menerima Gaji



Ada banyak alasan mengapa seseorang tidak menerima gaji. Beberapa alasan tersebut antara lain karena seseorang tersebut bekerja sebagai relawan, magang atau pekerja sukarela. Selain itu, ada juga beberapa orang yang tidak menerima gaji karena mereka memiliki sumber penghasilan lain yang lebih besar.


Langkah-Langkah Membuat Surat Pernyataan Tidak Menerima Gaji



Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk membuat surat pernyataan tidak menerima gaji:
1. Tentukan tujuan surat Anda dan siapa yang akan menerimanya. Anda harus mengetahui tujuan surat tersebut dan kepada siapa surat tersebut akan dikirimkan.
2. Tulis informasi tentang diri Anda. Anda harus mencantumkan nama lengkap Anda, alamat, nomor telepon dan alamat email.
3. Jelaskan alasan mengapa Anda tidak menerima gaji. Anda harus menjelaskan alasan kenapa Anda tidak menerima gaji dan apa yang menjadi sumber penghasilan Anda.
4. Sertakan data pendukung. Anda harus menyertakan data pendukung seperti surat keterangan dari tempat Anda bekerja atau informasi tentang sumber penghasilan Anda.
5. Tandatangani surat Anda. Setelah menulis surat pernyataan, pastikan Anda menandatanganinya dan tuliskan tanggalnya.


Contoh Surat Pernyataan Tidak Menerima Gaji



Berikut adalah contoh surat pernyataan tidak menerima gaji:
Kepada Yth,
Pimpinan Perusahaan ABC
Saya yang bertanda tangan di bawah ini,
Nama : Ani
Alamat : Jalan Merdeka No.1
Nomor Telepon : 081234567890
Alamat Email : ani@email.com
Dengan ini menyatakan bahwa saya tidak menerima gaji dari Perusahaan ABC. Alasan saya tidak menerima gaji adalah karena saya bekerja sebagai relawan dan tidak memerlukan gaji sebagai penghasilan.
Saya juga menambahkan bahwa sumber penghasilan saya adalah dari bisnis online yang saya jalankan.
Demikian pernyataan ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan dapat dipertanggungjawabkan.
Atas perhatian dan kerjasamanya, saya ucapkan terima kasih.
Hormat saya,
Ani


Kesimpulan



Membuat surat pernyataan tidak menerima gaji bukanlah hal yang sulit. Anda hanya perlu mengetahui tujuan surat Anda, siapa yang akan menerimanya dan mengapa Anda tidak menerima gaji. Pastikan Anda juga menyertakan data pendukung dan menandatangani surat tersebut. Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk membuat surat pernyataan tidak menerima gaji dengan mudah dan tepat.

close